Rabu, 23 Maret 2011

INFO POLITIK

Apa Itu WikiLeaks...?

WikiLeaks didirikan oleh warga Australia bernama Julian Assange. Mantan hacker ini mengaku sangat suka mengembangkan sistem yang besar dan membuat repot para penguasa.
Tahun lalu Assange menerima penghargaan media dari organisasi Amnesty International. Sementara, majalah berita The Economist menganugerahi kepala redaksi WikiLeaks dengan penghargaan “Index on Censorship".
WikiLeaks secara resmi beroperasi di bawah organisasi yang diberi nama Sunshine Press dan mengaku mendapat dana dari para pegiat hak asasi manusia, wartawan investigatif, ahli teknologi, dan khalayak umum.

Setiap orang boleh mengirimkan informasi ke Wikileaks tanpa harus menyebutkan nama,
namun ada sebuah tim -yang terdiri dari para sukarelawan berupa wartawan dan staf Wikileaks sendiri- yang memutuskan apakah dokumen itu layak dimuat atau tidak di situs mereka.

WikiLeaks atau Wikileaks adalah organisasi internasional yang bermarkas di Swedia. Situs Wikileaks menerbitkan dokumen-dokumen rahasia sambil menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Situs tersebut diluncurkan pada tahun 2006.
Organisasi ini didirikan oleh disiden politik Cina, dan juga jurnalis, matematikawan, dan teknolog dari Amerika Selatan,Taiwan,Eropa,Australia, dan Afrika Selatan.Artikel koran dan majalah The New Yorker Jullian Assange, seorang jurnalis dan aktivis internet Australia, sebagai direktur Wikileaks.Media Wiki mendeskripsikan Situs Wikileaks menggunakan mesin .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar